Skip to content
Membangun kekayaan mental manusia demi kehidupan yang lebih bernilai

Sukses Dengan Banyak Bersyukur. 4 Tips Untuk Anda!

Ada sebuah “budaya” yang sejak lama tertanam di sebagian kehidupan masyarakat Indonesia. Dan ini, sepertinya sederhana, sepele, namun jika ditelaah lebih jauh, adalah “kekuatan” yang mahahebat untuk melewati berbagai ujian dan cobaan. Misalnya, pernahkah Anda terjatuh dari motor? Jika ya, disadari atau tidak, sering kali kata pertama yang terucap, “Untung hanya lecet.” Sudah jatuh, tapi kata pertama yang terucap adalah “untung”. Atau, saat seseorang mengalami kejadian kurang menyenangkan. Ia pun akan berucap serupa, ”Untung nyawanya masih selamat.”

Disadari ataupun tidak—dan entah siapa yang kali pertama mengajarkan—hampir selalu, kita mengatakan “untung” atau beruntung, terhadap kejadian-kejadian yang sebenarnya jika ditelaah secara akal semata, pasti sangat tidak diharapkan. Inilah sikap yang sebenarnya, jika dikembangkan lebih jauh, akan memberi arti yang lebih besar pada kehidupan. Bayangkan, jika kita bisa bersyukur dan selalu merasa beruntung pada setiap kejadian yang kita terima—menyenangkan atau tidak—kita akan dapat energi ekstra untuk terus berkarya.

Dan sebenarnya, ada banyak hal-hal kecil yang sering kita lupakan untuk disyukuri. Ibarat orang yang terpenjara bertahun-tahun, mungkin jika ditanya, apa yang paling ingin dirasakan saat bebas, yang muncul bisa jadi adalah hal-hal sederhana. “Melihat bintang indah di langit, mendengar anak-anak berteriak saat bermain di taman, mendengar gonggongan anjing di pinggir jalan.”

Dear Readers,

Rasa syukur memang harus bisa kita kembangkan. Salah satu caranya adalah dengan memikirkan apa yang sudah kita terima dan tidak banyak berpikir tentang apa yang belum kita dapat.

Keinginan untuk menjadi lebih baik serta mencapai hasil yang lebih maksimal memang tidak salah. Namun, agar selalu mendapatkan sukses yang berkelimpahan, proses demi proses pencapaian—bahkan jika ternyata tak bisa mendapat yang diharapkan—itulah yang wajib disyukuri.

Apakah Anda masih merasa “sulit” untuk lebih banyak bersyukur? Berikut beberapa cara sederhana yang bisa dipraktikkan.

Pertama, saat bangun pagi, ketika masih belum memulai berbagai macam kegiatan, cobalah ucapkan terima kasih. Minimal, masih bisa bangun pagi dalam kondisi badan segar dan sehat. Lantas, ucapkan terima kasih pada pasangan, anak, atau saudara yang ada di sekeliling, bahwa mereka telah memberi perhatian kepada kita. Hal itu akan memberikan energi positif yang bisa membuat mereka bahagia. Ujungnya, rasa bahagia itu akan kembali kepada kita.

Kedua, gunakan momen kedekatan dengan Sang Pencipta untuk mengucap syukur yang sebesar-besarnya. Rasakan napas yang masih bisa ditarik dan diembus, darah mengalir dan jantung yang berdetak. Semua itu adalah bagian dari “kekayaan” yang terlimpah kepada diri kita, yang jika dirasakan sepenuh hati, akan memberikan “sensasi” rasa syukur yang tak berkesudahan. Untuk itu, setiap orang punya ritual tertentu dalam agama dan kepercayaannya masing-masing.

Ketiga, biasakan menulis catatan ringan tentang apa yang kita syukuri hari ini (bisa di buku harian atau di media sosial). Misalnya, perasaan kita saat mendengar keindahan suara burung, melihat keagungan Tuhan saat matahari terbit dan terbenam. Selain bisa menginspirasi diri sendiri bahwa kita telah berkecukupan, kita juga bisa membuat orang lain yang membaca catatan kita ikut merasakan rasa syukur tersebut. Buat tulisan-tulisan itu agar bisa jadi pengingat sekaligus pendorong semangat—kapan pun dan di mana pun—bahwa kita selalu punya energi positif yang dikaruniakan Tuhan, meski berada dalam berbagai ujian dan cobaan seperti masa pandemi ini.

Keempat, tanyakan pada orang lain, apa yang mereka syukuri hari ini. Kadang, kita pun masih perlu mendapat “dorongan” dari sekitar kita untuk merasa bersyukur. Saat ada kisah atau cerita indah mengalir dari mereka, kita bisa menyerap energi syukur itu untuk membuat hari-hari kita lebih ceria.

Mari, kita syukuri hidup dan selalu berterima kasih atas apa yang kita terima. Semoga, dengan energi rasa syukur yang kita rasakan dan bagikan, akan membuat energi positif dan menjadikan hari-hari kita selalu lebih baik dan lebih baik lagi. Salam sukses luar biasa!

Spread the love

Leave a Comment





Scroll To Top