Skip to content
Membangun kekayaan mental manusia demi kehidupan yang lebih bernilai

Sukses Besar Dimulai Dari Hal yang Kecil

Tak ada sukses besar tanpa dimulai dari yang kecil-kecil. Jangan remehkan prestasi kecil, karena di sanalah kita dipupuk untuk mencapai hasil-hasil lebih besar.

Semua terbentuk melalui proses. Dan, sayangnya, justru banyak orang yang lebih melihat sisi besarnya dibandingkan proses yang terjadi sebelumnya. Akibatnya, tak sedikit orang yang melihat kesuksesan orang lain dari kacamata besaran yang diraih—materi, jabatan, uang, kehormatan, dan hal besar lain—tanpa melihat lebih jauh bagaimana semua itu diperoleh.

Istilah the rising star atau bintang yang melesat kegemilangannya dengan cepat menjadi satu hal yang didamba banyak orang. Sukses pun sebisa mungkin dicapai dengan cara cara yang instan. Akibatnya, sukses yang bisa diraih pun rapuh. Jika tak waspada, mudah sekali untuk jatuh!

Pepatah Tiongkok Kuno mengatakan, perjalanan ribuan mil dimulai dari satu langkah. Ini sebenarnya adalah “fondasi dasar” yang harus bisa kita miliki untuk meraih impian. Ada berbagai hal/proses kecil yang harus kita jaga konsistensinya untuk menjadi “kekuatan awal” terjadinya sukses besar yang kita dambakan.

Berikut beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk memulai langkah menciptakan sukses.

Pertama, ketahui persis apa yang kita inginkan dalam hidup. Saya kira, pasti banyak sekali. Mulai dari menjadi kaya, sukses, ingin bisa menyekolahkan anak di sekolah terbaik, mencapai jabatan tertentu, mendapatkan pencapaian tertentu, dan sebagainya. Tapi, apakah kita bisa membuat pilihan lima, tiga, atau bahkan satu saja yang paling penting agar bisa fokus?

Kedua, ketahui hal apa yang bisa kita lakukan untuk mencapainya. Buatlah daftar mengenai apa saja yang harus dilakukan untuk mewujudkan impian kita menjadi nyata. Misalnya kita berprofesi sebagai guru, berapa murid yang akan kita cetak menjadi juara di bidangnya. Berapa tingkat kelulusan yangmenjadikan kita sukses sebagai guru. Atau, misalnya sebagai pengusaha, berapa omzet yang ingin kita capai. Jika target itu telah kita tetapkan, kita bisa menyusun langkah apa saja yang harus kita siapkan untuk mencapai ke sana.


Ketiga, susun langkah demi langkah kecil, kerja apa saja yang dilakukan untuk mencapainya. Langkah yang kita tentukan tak harus langsung berupa langkah besar. Kita bisa memulai dari langkah-langkah kecil. Misalnya, sebagai sebagai seorang sales, kita buat komitmen, minimal sehari sepuluh telepon. Dari sepuluh telepon, minimal tiga kali pertemuan tatap muka. Dari tiga tatap muka, minimal ada satu yang menjadi pelanggan. Begitu hal tersebut bisa dicapai, kita bisa mulai menciptakan standar baru yang lebih tinggi. Begitu seterusnya. Dari situlah kita akan menciptakan hal-hal kecil yang mampu mengantar kita mencapai sukses yang kita dambakan.

Pesan saya, jangan pernah memanding remah atau menyia-nyiakan prestasi kecil yang tercipta. Sebab, justru dari prestasi kecil itulah, kita sedang menapaki langkah menuju sukses besar yang kita damba.

Mari, syukuri setiap pencapaian yang kita peroleh, sehingga setiap langkah akan mengantarkan kita pada sukses yang gemilang, memuaskan, dan bermanfaat. Salam sukses luar biasa!

Spread the love

Leave a Comment





Scroll To Top