Membangun kekayaan mental manusia demi kehidupan yang lebih bernilai

Senam AW S3: Sehat – Semangat – Senang!

Senam AW S3 adalah senam yang saya ciptakan untuk pencegahan dan penyembuhan sakit lutut, pencegahan osteoporosis dan pengapuran tulang, serta memelihara kesehatan fisik yang prima. Gerakannya praktis dan sederhana, bermanfaat bagi semua kalangan, baik anak-anak, muda-mudi, dewasa, dan lansia.

Inisial AW berasal dari nama saya, Andrie Wongso sebagai penemu, sedangkan S3 singkatan dari Sehat Semangat Senang. Sehat jasmani & rohani, pikiran dan mental; Semangat: antusias, optimis, aktif; Senang: riang, gembira, damai bahagia. Diharapkan dengan senam ini, yang rutin dilakukan minimal 10-15 menit/hari,  kita akan sehat, terus semangat dan rutin melakukannya, berakhir dengan bahagia.

Sejak remaja, saya merupakan penggemar olah raga, terutama bela diri kungfu. Berbekal kungfu juga, saya mampu menggapai mimpi menjadi bintang film laga di Hongkong.

Selama lebih dari 20 tahun pula, saya mengajar kungfu dengan fisik yang prima. Namun setelah itu, aktivitas sebagai pengusaha dan di kemudian hari dikenal sebagai motivator, membuat perhatian saya teralihkan hingga tidak melatih dan berlatih kebugaran lagi.

Seiring perjalanan waktu, pada tahun 2012-2014, saya merasakan sakit di bagian lutut yang sangat menyiksa dan tentu mengganggu aktivitas. Jalan sakit, naik turun tangga sakit, naik turun mobil sakit. Lebih dari 4 dokter telah didatangi, sampai konsultasi ke dokter di Penang dan Singapura.  Dokter melakukan tindakan disuntik untuk membuat lapisan di tengah tulang lutut, tetapi setelah beberapa waktu, sakit itu kembali lagi. Dan akhirnya dianjurkan oleh dokter untuk operasi ganti tempurung lutut.

Jujur saja, saya takut operasi. Melihat jarum suntik saja seram, apalagi pisau. Dengan perasaan sedih, saya berpikir dan mencari cara, bagaimana tanpa operasi lutut saya bisa sembuh? Saya mulai melakukan riset, belajar, dan melatih kembali gerakan-gerakan kungfu serta olah tubuh khususnya gerakan yang bermanfaat untuk menguatkan otot di seputar lutut. Saya tiap hari berlatih dan mencoba berbagai gerakan, dan selang waktu kira-kira 3 bulan, terjadi keajaiban. Tiba-tiba, saya merasakan bisa berjalan tanpa rasa sakit lagi dan bisa beraktivitas seperti semula. Banyak teman yang menjadi saksi, dan mereka mau belajar gerakan-gerakan senam yang telah menyembuhkan kaki saya. Dan dari sinilah, lahir Senam AW S3.

Saya merasa, lutut yang sakit dan bisa sembuh adalah amanah dari Yang Di Atas. Yang Maha Kuasa menitipkan kepada saya untuk membantu kesembuhan banyak orang yang menderita sakit seperti saya. Dan ternyata, memang di sekeliling kita, banyak sekali teman-teman yang bermasalah dengan lutut.

Dari niat baik dan usulan teman untuk membuat kelas, sejak 2016 saya mulai secara rutin mengajar senam. Dibantu beberapa asisten pelatih, saat ini di Jakarta telah dibuka lebih dari 10 tempat senam, disusul dan menyebar ke berbagai kota. Di antaranya di Bali; hampir seluruh kabupaten telah melakukan senam bersama, bahkan senam AW S3 dikukuhkan sebagai senam perekat bangsa, tanpa sekat, tidak membedakan suku ras dan agama. Bandung, Surabaya, Mojokerto, Nganjuk, Samarinda, Banjarmasin, Lombok, dan banyak perorangan yang melakukan gerakan senam AW S3 di tempatnya masing-masing.

Bahkan senam ini dikenal hingga lintas negara seperti Singapura, India, dan Jerman. Media massa pun meliput dan menayangkan Senam AW S3 ini secara khusus, mulai dari Metro TV, Berita Satu, sampai CCTV 中央电视 dari Tiongkok.

Percepatan penyebaran senam AW S3 ini karena testimoni dari berbagai kalangan. Yang lututnya dan seputar pinggang sakit, atau ada urat kejepit, merasa jauh lebih baik. Yang jelas setelah rutin berlatih, banyak yang menyatakan dirinya lebih sehat dan bugar.

Perlu diingat, senam memang membantu banyak orang menjadi sehat fisiknya, tetapi tentu untuk sehat yang lebih baik, harus disertai pola makan dan minum yang baik, juga pola tidur, pola hidup, dan pola pikir yang positif.

Saya pun di setiap seminar motivasi yang saya bawakan, selalu menyempatkan waktu untuk memperkenalkan dan mengajar Senam AW S3. Harapannya, senam AW S3 sebagai terapi kesehatan, bisa semakin dikenal secara nasional, menjadi sebuah lifestyle, serta memberi manfaat bagi masyarakat dunia.

Salam Sehat Luar Biasa!

Nomor WA Senam AW S3: 081314259991
Instagram Senam AW S3: KLIK DI SINI

Spread the love

Leave a Comment