Skip to content
Membangun kekayaan mental manusia demi kehidupan yang lebih bernilai

Selamat Perayaan Kue Bulan!

Festival Pertengahan Musim Gugur atau Zhongqiu Jie (中秋节), biasa disebut juga Perayaan Kue Bulan, adalah perayaan terpenting kedua setelah Tahun Baru Imlek. Momen istimewa ini diperingati pada hari ke-15 bulan kedelapan dalam kalender Imlek (penanggalan tradisional Tiongkok), di mana bulan berbentuk bulat sempurna dan bersinar terang karena posisinya paling dekat dengan bumi. Bulan akan terlihat berdampingan dengan batas langit, dan bersinar dengan warna yang kemerahan. Tahun ini, Perayaan Kue Bulan jatuh pada tanggal 1 Oktober 2020.

Di Indonesia, kue bulan dikenal dengan nama Hokkian-nya; Gwee Pia atau Tiong Ciu Pia. Tiong artinya ‘tengah’, ciu ‘musim gugur’, dan pia adalah nama jenis kue yang berbentuk bulan. Pada dasarnya, kue bulan tradisional berbentuk bulat yang melambangkan persatuan dan keutuhan. Namun seiring perkembangan zaman dan komersialisasi, varian bentuk dan isi kue bulan mulai bermunculan—tentunya dengan tidak menggeser makna/harapan baik yang terkandung di dalamnya.

Isian umum kue bulan adalah pasta kacang merah atau pasta biji teratai, ditambah campuran kenari, kacang tanah, biji wijen, almond, biji bunga matahari, serta kuning telur asin. Pada masa modern ini, isian cokelat, keju, ubi ungu (taro), green tea, pandan, durian, sampai daging nabati banyak dijumpai.

Pagoda, ritel buah yang memiliki 4 ribu gerai di Tiongkok, pada masa pandemi ini bahkan memproduksi kue bulan dengan menggunakan bahan-bahan yang mengutamakan kesehatan. Mereka mengklaim kue bulannya tidak menggunakan pewangi dan pewarna buatan, serta menggunakan pati antioksidan untuk menggantikan pengawet.

Sementara karakter huruf Mandarin yang tercetak di atas kue bulan, bervariasi. Namun biasanya tercetak aksara 壽 yang bermakna panjang umur, atau aksara yang bermakna persatuan.

Spread the love

Leave a Comment





Scroll To Top