Skip to content
Membangun kekayaan mental manusia demi kehidupan yang lebih bernilai

Pekerjaan Tidak Sesuai Minat

Om AW yang luar biasa, saya sekarang bekerja tetapi tidak sesuai dengan minat. Saya merasa berat dan susah dalam mempelajari apa yang saya kerjakan. Terkadang saya ingin berhenti, tapi jika demikian saya malu kepada orangtua dan teman-teman yang sudah mendukung. Pertanyaannya, apakah saya harus berhenti di pekerjaan saya yang sekarang, lalu bekerja sesuai minat dan apa yang saya sukai? Atau saya tetap bekerja agar tidak mengecewakan mereka, sambil menabung modal untuk membuka usaha sendiri (tapi dalam jangka waktu yang lama)? Mohon jawabannya.

Noedi (via e-mail)

OM AW: Bekerja adalah soal tanggung jawab. Jika memang saat ini Anda bekerja tidak maksimal karena merasa belum sesuai dengan minat dan akhirnya jadi stagnan atau bahkan bisa mengganggu keseimbangan tim, ada baiknya Anda cari pekerjaan lain yang lebih sesuai.

Sebelumnya, ada baiknya Anda evaluasi diri sendiri. Sebab, tak jarang orang bekerja belum sesuai minat, namun karena punya komitmen kuat, bekerja dengan hati, menjaga amanah sesuai yang dipercayakan, lama-lama hal yang kurang disuka bisa jadi hal yang biasa, dan malah ujungnya bisa berprestasi pula.

Sedangkan untuk membuka usaha itu pun, sebenarnya juga merupakan sebuah pilihan yang belum pasti karena ada banyak pertimbangan (situasi, kondisi, dll). Karena itu, pilihan ada di tangan Anda. Perluas wawasan, perluas relasi. jangan gegabah ambil keputusan. Pilah pilih dan pertimbangkan mana yang terbaik untuk Anda dan orang-orang terdekat.

Spread the love
Scroll To Top