Skip to content
Membangun kekayaan mental manusia demi kehidupan yang lebih bernilai

Agar Usaha Berkembang Luas

Halo, Om AW. Saat ini saya punya usaha sebagai distributor kosmetik dan sabun. Market-nya sudah ada, tinggal perkembangannya masih kurang. Karyawan cuma dua. Sistem keuangan juga masih amburadul karena kadang saya campur dengan uang pribadi. Saya juga ada utang di bank dan saudara. Bagaimana solusinya biar usaha saya cepat berkembang dan cepat lunas utang-utangnya? Rencana ke depan, saya tidak akan mengandalkan satu usaha saja. Karena selama hampir dua tahun kok rasanya hanya jalan di tempat.

Sulaiman
(via e-mail)

OM AW: Membaca hal yang Anda hadapi, sepertinya Anda perlu melakukan evaluasi keseluruhan terhadap kondisi usaha Anda. Mulai dari evaluasi internal, misalnya dari manajemen keuangan, manajemen karyawan, hingga manajemen terkait hal teknis pekerjaan.

Kemudian dari sisi eksternal, Anda juga perlu melakukan evaluasi pasar, distribusi, hingga kompetisi yang terjadi. Dari evaluasi tersebut, Anda bisa mulai memilah dan memilih, hal mana saja yang bisa jadi prioritas untuk dimaksimalkan atau diselesaikan. Soal keuangan misalnya, segera pisahkan uang usaha dan uang pribadi. Ini berhubungan juga dengan utang Anda. Jika uang usaha masih dicampur, besar kemungkinan keuntungan usaha malah dipakai untuk kebutuhan pribadi, sehingga kewajiban bayar utang bisa tertunda dan akhirnya malah bertumpuk dengan bunganya.

Intinya, dari evaluasi yang dilakukan, Anda bisa menemukan titik fokus, ke mana dan bagaimana usaha tersebut dijalankan, sekaligus bagaimana proyeksi hasilnya ke depan. Dengan evaluasi itu, Anda juga bisa menemukan hal yang tidak baik untuk dihilangkan, dan hal yang baik untuk diteruskan. Maka, usaha bisa berkembang secara lebih terencana dan terukur. Sehingga, niat Anda segera bebas utang dan mengembangkan usaha bisa dicapai. Tetap semangat!

Spread the love
Scroll To Top