Skip to content
Membangun kekayaan mental manusia demi kehidupan yang lebih bernilai

Perhatikan Sisi yang Lain

Alkisah, seorang ayah tengah asyik membaca sebuah majalah. Putra kecilnya sekali-kali mengalihkan perhatian sang ayah. Karena merasa sedikit terganggu, sang ayah mencari akal untuk membuat putranya itu sibuk. Maka, dirobeknya satu halaman dari majalah itu, yang menggambarkan peta dunia. Lalu, dia menggunting lembaran itu menjadi potongan-potongan kecil. Setelah itu, sang ayah meminta putranya untuk bermain puzzle, dengan menyelesaikan gambar peta itu.

Sang ayah sangat yakin putranya itu akan butuh waktu seharian untuk menyelesaikan gambar peta yang kelihatan rumit itu. Namun nyatanya, putra ciliknya itu datang kembali kepadanya dalam waktu singkat, sambil membawa gambar peta yang sudah jadi. Ketika ditanya bagaimana ia bisa mengerjakannya dengan cepat, si anak berkata, “Oh…Ayah, di balik kertas ini ada gambar muka orang. Jadi aku tinggal memasang muka itu lagi supaya gambar peta bisa terlihat lagi.” Lalu, anak itu berlari keluar untuk bermain, dengan meninggalkan ayahnya yang masih kebingungan.

Pembaca yang Bijaksana, 

Seperti halnya anak kecil dalam kisah ini yang mampu melihat gambar lain di potongan-potongan kertas itu, seharusnya kita juga belajar untuk melakukan hal yang sama. Ingatlah bahwa selalu ada sisi lain dari segala pengalaman yang kita hadapi dalam setiap tahap dan lingkup kehidupan ini (di dalam keluarga, pendidikan, pekerjaan, dan lainnya). Setiap kali kita menemui tantangan atau situasi yang membingungkan, cobalah untuk melihat sisi lain dari keadaan itu. Cepat atau lambat kita akan dikejutkan karena mampu menemukan/melihat cara yang lebih mudah untuk mengatasi persoalan yang ada.

Selamat mencoba, salam hangat Luar Biasa!

Spread the love

Leave a Comment





Scroll To Top