Skip to content
Membangun kekayaan mental manusia demi kehidupan yang lebih bernilai

Menjalani Hidup dengan Tulus dan Ikhlas

Jalan hidup pasti berliku. Banyak undakan, jalan menanjak, lubang, jalan terjal, berkelok, bahkan jurang. Namun, tak jarang pula, di balik semua itu ada bukit nan indah, pelangi sangat elok, serta pemandangan nan rupawan. Memang, itulah dinamika yang justru menambah indahnya kehidupan. Karena itu, jika melihat ke belakang, kita akan melihat serangkaian kisah yang penuh makna. Entah itu diliputi suka ataupun duka, pastinya kita telah menjalaninya dan meninggalkan jejak dalam kehidupan kita. Di sanalah, kita telah mengukir kisah yang barangkali bisa menjadi sejarah tersendiri, tergantung pada apa yang telah kita lakukan.

Namun, apa pun catatan di balik perjalanan panjang tersebut, kita juga harus terus menatap ke depan, untuk melanjutkan langkah. Ibarat sebuah pepatah Tiongkok kuno, “Perjalanan 1000 mil dimulai dari satu langkah”, maka unsur melangkah adalah sebuah tindakan nyata yang akan membawa kita sampai pada tujuan, hingga akhirnya episode hidup ditutup oleh kematian. Perjalanan panjang tersebut mengingatkan saya pada satu ungkapan dalam bahasa Jawa, yakni nglakoni yang arti harfiahnya menjalani.

Sesungguhnya, di balik unsur menjalani tersebut, ada pengertian mendalam yang bisa kita maknai. Pertama, adalah adanya kemauan untuk aktif menjalani kehidupan. Sebagai orang yang memiliki kekayaan mental, kita tak bisa berdiam diri saja dalam menghadapi ujian dan tantangan yang menghadang. Kita harus selalu aktif untuk mencari solusi dan berbuat sesuatu untuk memperbaiki keadaan. Semangat juang harus kita kobarkan untuk mendobrak segala rintangan.

Hal kedua yang bisa dimaknai adalah adanya nilai ikhlas serta berserah diri dalam konsep menjalani tersebut. Sebagai insan beriman, kita tahu persis bahwa ada kekuatan di balik ketentuan-ketentuan yang dihadapi manusia. Karena itu, setelah aktif melakukan tindakan, kita sadar bahwa apa pun hasil yang diraih, ada unsur spiritual yang melingkupinya. Sehingga, kesadaran ini akan membuat kita tak kan jadi sombong ketika sukses, dan tak kan mudah patah semangat ketika gagal.

Hal ketiga yang bisa dimaknai dari konsep menjalani adalah adanya unsur peran. Dalam kehidupan ini, kita memiliki peran masing-masing yang saling melengkapi. Jika ini kita sadari sepenuhnya, maka kita akan selalu memiliki tenggang rasa untuk saling dukung dan saling dorong demi kemajuan bersama.

Dengan pemahaman tersebut, saat menjalani apa pun yang sedang kita jalani, kita akan lebih memiliki pikiran terbuka dan jiwa yang lapang. Dan pastinya, kita akan terus bersemangat menjalani semua peran yang kita jalankan. Kalau pun bekerja sebagai tukang sapu jalanan, akan dijalani dengan penuh semangat sehingga bisa memberi rasa nyaman bagi setiap pengguna jalan. Jika kita seorang guru, pekerjaan akan dijalani dengan penuh pengabdian sehingga mampu menciptakan generasi murid-murid unggulan. Atau, kalau kita adalah pimpinan perusahaan, akan berupaya memimpin penuh ketulusan dan perhatian, sehingga karyawan akan saling bahu-membahu bekerja sama memajukan perusahaan.

The Cup of Wisdom

Dengan semua kesadaran/pengertian dari konsep menjalani tersebut, maka langkah demi langkah yang kita ayunkan pastilah memiliki arti. Detik demi detik waktu yang terlewati, pasti juga memiliki makna tersendiri. Bahkan, meski di tengah gagalnya rencana atau belum tercapainya target yang diharap, kita akan terus menjalani setiap proses dengan kepala tegak dan penuh sikap optimisme.

Mungkin Anda punya rencana bisnis yang terpaksa ditunda. Persiapan yang sudah dilakukan jauh-jauh hari, seakan sia-sia. Kekecewaan tak bisa dihindarkan. Sebuah hal yang wajar mengingat sudah banyak berkorban waktu, biaya, dan tenaga. Namun, jika kita sadar bahwa semua itu hanyalah proses yang memang harus dijalanimaka kita justru bisa memetik makna di balik penundaan. Persiapan yang lebih matang, jadwal yang bisa dibuat lebih terencana, hingga hasil yang lebih baik, akan jadi nilai lebih saat waktunya tiba.

Begitu juga dalam hidup ini. Dengan menjalani semua hal penuh ketulusan dan keikhlasan, kita akan menemukan banyak makna di balik setiap kejadian. Saat itulah, kita akan belajar banyak hal dalam kehidupan ini. Sehingga, tanpa terasa, langkah demi langkah akan membawa kita mencapai tujuan. Tanpa kita sadari, kita sudah menjalani berjuta kisah penuh arti.

Salam sukses luar biasa!

 

Spread the love

Leave a Comment





Scroll To Top