Skip to content
Membangun kekayaan mental manusia demi kehidupan yang lebih bernilai

Kisah Seorang Bellboy dan Mobil Rolls-Royce

Alkisah, seorang pemuda mencicipi kerasnya hidup di Hong Kong. Saat usianya 15 tahun, ayahnya sakit parah tak kunjung sembuh. Ia pun harus mencari pekerjaan. Setiap hari libur, ia bekerja di pabrik elektronik sebagai pengecek sirkuit elektronik. Namun karena penghasilan akhir pekan tak memadai, akhirnya ia keluar dari sekolah.

Suatu kali, ada seorang temannya yang mengajaknya bekerja sebagai bellboy di sebuah hotel mewah. Tawaran itu tak disia-siakannya. Tugas bellboy adalah mengangkat tas dan bawaan tamu dari mobil ke kamar hotel dan sebaliknya. Sebagai bellboy ia kerap mendapat uang tips.

Suatu hari, ia melihat seorang tamu mengendarai mobil bagus. Ia tak tahu kalau itu mobil Rolls-Royce yang begitu terkenal. Tamu hotel itu pun turun dari mobilnya dan memerintahkannya untuk mencuci mobilnya. Pemuda itu mencucinya dengan senang hati. Begitu senangnya mobil itu sampai ia pun mengelapnya hingga Rolls-Royce itu benar-benar kinclong.

Kenangan itu sangat membekas di hati dan ingatan si pemuda, dan ia sangat mengagumi mobil itu. Karena itu, ketika pada hari berikutnya ia melihat sebuah Rolls-Royce hitam terparkir di depan sebuah dealer mobil, ia dengan serta merta mendatanginya, serta melihat ke dalam dengan penuh rasa ingin tahu. Lalu pintunya ia buka. Ia ingin mencoba duduk dan membayangkan mengendarai mobil itu.

Namun tiba-tiba satu hardikan datang dari belakang. “Apa yang kamu lakukan?!” bentar bos dealer itu. “Tutup kembali pintu mobil itu. Orang seperti kamu, tidak akan pernah merasakan duduk di dalam Rolls-Royce!”

Hinaan itu sangat membekas. Ia selalu mengingatnya. Benarkah ia tak akan pernah bisa duduk di dalam Rolls-Royce? Setelah jadi bellboy ia beberapa kali mencoba pekerjaan lain, seperti salesman dan sopir taksi. Sampai suatu kali ia membaca iklan yang menawarkan pekerjaan sebagai aktor televisi yang akan dilatih akting terlebih dulu. Ia mendaftar dan akhirnya diterima di TVB. Ia kemudian mendapat kontrak tiga tahun. Tak hanya itu, ia juga menjadi bintang film layar lebar. Kariernya melesat ketika membintangi “A Better Tomorrow” dan “Crouching Tiger Hidden Dragon”.

Dialah Chow Yun Fat, salah satu aktor terkaya dan tersukses di Asia, bahkan dunia. Kini, ia sudah bisa membeli mobil mewah. Tak hanya satu tetapi lima. Satu di antaranya adalah Rolls-Royce. Sekadar pembuktian kepada bos dealer mobil dahulu, bahwa ia bisa sukses dan bisa membeli mobil impiannya.

“Saya selalu mengajak ibu saya jalan-jalan keliling Hong Kong dengan Roll-Royce itu,” kata Chow Yun Fat. Namun mobilnya kemudian satu per satu ia jual dan dialokasikan untuk kegiatan amal. Ia tak nyaman memiliki banyak mobil dan kehidupan bermewah-mewah.

“Dulu saya rendah diri. Sekarang saya bisa katakan, dengan proses waktu dan usaha, saya bisa melakukan apa pun yang saya inginkan.”

Anda pun pasti bisa. Luar biasa!

Spread the love

Leave a Comment





Scroll To Top