Skip to content
Membangun kekayaan mental manusia demi kehidupan yang lebih bernilai

Joe Biden – Kamala Harris Resmi Menjadi Presiden – Wapres AS

Joe Biden resmi menjadi Presiden Amerika Serikat, setelah dilantik di halaman Gedung Capitol – Washington DC, Rabu, 20 Januari 2021 waktu setempat. Biden menjadi presiden ke-46 Amerika Serikat, menggantikan Donald Trump. Biden yang kini berusia 78 tahun, menjadi presiden AS tertua dalam sejarah.

Pengambilan sumpah Biden dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung John Roberts, tepat setelah tengah hari pada Rabu. Biden bersumpah untuk melestarikan, melindungi, dan mempertahankan Konstitusi Amerika Serikat

Sementara itu pasangan Joe Biden, Kamala Harris, merupakan anak perempuan pasangan imigran Jamaika dan India, menjadi orang kulit hitam pertama, perempuan pertama, dan warga pertama AS keturunan Asia yang menjabat sebagai Wakil Presiden.

Kamala Harris bersumpah akan melindungi konstitusi Amerika dari segala musuh, baik asing maupun domestik. Dia juga bersumpah akan menjalankan tugasnya selama 4 tahun ke depan, dengan ikhlas dan tanpa beban apapun. Pengambilan sumpahnya dipandu oleh Hakim Agung Sonia Sotomayor, yang mencatat sejarah pada 2009 sebagai keturunan Latin pertama yang duduk di Mahkamah Agung.

Pengambilan sumpah Biden dan Harris berlangsung dalam pengamanan yang sangat ketat. Tercatat sekitar 25.000 pasukan Garda Nasional berjaga-jaga di seputar upacara pelantikan ini.

Presiden Joko Widodo pun mengucapkan selamat kepada Joe Biden dan Kamala Harris atas pelantikan mereka sebagai Presiden ke-46 dan Wakil Presiden ke-49 Amerika Serikat. Lewat akun pribadinya di Instagram dan Twitter, @jokowi langsung menyebut (mention) akun @JoeBiden dan @KamalaHarris.

“Congratulations @JoeBiden and @KamalaHarris on your inauguration as the 46th President and 49th Vice President of the United States,” tulisnya.

Jokowi pun berharap kemitraan strategis antar kedua negara dapat terus ditingkatkan. Kemitraan tersebut diharapkan tidak hanya bermanfaat bagi Indonesia dan Amerika Serikat saja, tapi juga bermanfaat untuk dunia yang lebih baik.

“Let us continue to strengthen our strategic partnership, not only for the benefit of our two nations, but for a better world for all,” demikian tulisnya.

Spread the love

Leave a Comment





Scroll To Top