Skip to content
Membangun kekayaan mental manusia demi kehidupan yang lebih bernilai

8 Manfaat Yoga

Yoga adalah salah satu jenis olahraga yang menggabungkan meditasi, olah pernapasan, dan olah tubuh. Banyak orang memilih yoga untuk mendapatkan ketenangan jiwa dan juga kesehatan, baik secara fisik maupun mental. Yoga bisa dilakukan oleh siapa saja, dari tingkat manapun serta cocok untuk semua gaya hidup.

Jika Anda pemula, mungkin akan merasa sedikit kecil hati ketika melihat orang lain sangat fleksibel dan mampu melakukan pose sulit dalam yoga. Namun, ingat juga, sejatinya, yoga adalah proses latihan yang benar-benar personal. Apa yang terbaik dan paling efektif bagi orang lain, belum tentu tepat untuk kita. Kebanyakan pose yoga aman untuk dilakukan, namun kita tetap harus tegas mengatur batasan agar tidak membuat masalah kesehatan.

Untuk pemula yang ingin praktik yoga di rumah, lakukan pose-pose yang minim risiko dan sesuai dengan kondisi kesehatan. Jangan pernah melakukan sesuatu yang sekiranya belum siap dilakukan.

Berikut ini 8 manfaat yoga untuk kesehatan:

  1. Relaksasi: Gerakan pada yoga merupakan bentuk gerakan tubuh dan anggota badan secara perlahan, yang akan membuat tubuh menjadi rileks dan santai. Biasanya saat melakukan yoga diiringi musik berlatar suara alam, atau bertempo lambat yang akan membuat Anda menjadi tenang, santai dan rileks.
  2. Mencegah dan mengurangi stres: Dengan yoga seluruh pikiran Anda akan dibawa ke dalam alam relaksasi, sehingga banyak pikiran dan emosi negatif akan keluar dengan sendirinya.
  3. Meningkatkan daya tahan, imunitas, kebugaran & stamina: Gerakan yoga memiliki hasil yang sama dengan gerakan olahraga (memperlancar peredaran darah, meningkatkan efektivitas kerja organ-organ tubuh kita, meningkatkan hormon endorfin yang baik untuk otak, dan lainnya). Maka bisa dibilang, yoga meningkatkan daya tahan dan imunitas tubuh dari berbagai macam penyakit. Dengan meningkatnya daya tahan tubuh, imunitas dan kebugaran tubuh, maka otomatis stamina pun akan bertambah.
  4. Meningkatkan penguasaan emosi (mengembangkan emosi positif): Teknik relaksasi dan gerakan anggota tubuh secara perlahan dalam yoga, menuntut kemampuan Anda untuk mengontrol gerakan yang akan berujung pada meningkatnya kemampuan Anda dalam menguasai dan mengontrol emosi diri.
  5. Meningkatkan konsentrasi dan daya ingat: Yoga menuntut Anda berkonsentrasi penuh agar bisa melakukan gerakan yoga dengan baik. Meningkatnya konsentrasi akan berbanding lurus dengan kemampuan daya ingat.
  6. Mengencangkan otot & memperindah bentuk tubuh: Pada umumnya, otot perut, punggung dan dada merupakan bagian yang dapat mengencang karena melakukan yoga, yang secara otomatis akan memperindah bentuk tubuh Anda, atau memperbaiki postur tubuh pada umumnya.
  7. Meningkatkan fungsi pernapasan: Teknik-teknik pernapasan dan relaksasi pada olahraga yoga akan membantu Anda mengoptimalkan kerja paru-paru, dan memiliki fungsi pernapasan yang prima.
  8. Meningkatkan fleksibilitas tubuh & persendian: Gerakan-gerakan pada yoga membutuhkan fleksibilitas tubuh, seperti gerakan memutar, menyilangkan kaki, ataupun gerakan kayang. Semakin sering Anda melakukan gerakan-gerakan yoga, maka keluwesan dan fleksibilitas tubuh akan terjaga dan semakin meningkat.

Dari berbagai sumber.

Spread the love

Leave a Comment





Scroll To Top