Skip to content
Membangun kekayaan mental manusia demi kehidupan yang lebih bernilai

7 Tips Untuk Memulai Bisnis

Menjadi seorang pengusaha sukses, mungkin bisa dikatakan menjadi impian bagi sebagian besar orang. Namun memiliki bisnis sendiri bukanlah hal yang mudah. Perlu proses dan perjuangan tersendiri untuk memulai, mengembangkan, terlebih lagi untuk mempertahankannya.

Berikut ini 7 kiat untuk Anda:

1. Cari orang-orang yang tepat. Pada dasarnya sebuah bisnis bisa disamakan dengan sebuah tim olahraga, yang membutuhkan orang-orang yang tepat agar bisa maju dan bersaing dalam laga. Maka cari orang-orang yang punya kemampuan serta wawasan, paham bisnis yang akan dijalankan, serta punya sifat dan sikap yang positif (dapat dipercaya).

2. Lakukan market research. Hal ini sangat penting terutama dalam dunia bisnis. Jika Anda langsung terjun tanpa tahu bagaimana kondisi dan situasi yang akan dihadapi, Anda akan kehilangan banyak sekali waktu dan uang. Jangan takut terjun langsung ke lapangan, untuk melihat respon serta memahami kebutuhan dari konsumen.

3. Ciptakan budaya perusahaan (company culture). Pada dasarnya karyawan tertarik dengan perusahaan yang memilliki budaya, karena hal ini adalah salah satu cara untuk mengidentifikasikan apakah mereka akan cocok dengan perusahaan tersebut. Beberapa perusahaan besar memberikan kesempatan kepada karyawan untuk menyampaikan gagasan dan meningkatkan keterlibatan karyawan dalam proyek-proyek yang ada, untuk membangun rasa tanggung jawab, komitmen, dan loyalitas.

4. Menyewa tenaga profesional. Saat akan memulai bisnis, tentunya Anda ingin menghemat dana sebisa mungkin, namun ada beberapa hal yang memang harus diserahkan pada tenaga profesional. Dalam hal ini terutama untuk jasa akuntan publik.

5. Miliki komunikasi internal yang baik. Kesalahpahaman komunikasi dalam dunia bisnis bisa berujung pada kerugian, baik dari segi waktu maupun uang. Sangat penting untuk memastikan bahwa setiap anggota atau orang-orang yang terlibat dalam perusahaan berada di satu jalur dan tujuan yang sama. Jaga komunikasi internal yang terbuka, jelas dan mengalir.

6. Siapkan rencana cadangan. Ketika Anda ingin memulai mengembangkan perusahaan, keuangan Anda pasti akan terpengaruh. Maka Anda perlu rencana (keuangan) cadangan sehingga Anda tahu apa yang harus dilakukan jika pengembangan usaha ternyata memakan waktu atau dana yang lebih banyak dari rencana awal. Tentunya, krisis keuangan akan menyebabkan permasalahan moral dan meningkatkan level stres pada karyawan.

7. Libatkan orang yang berpengalaman. Sebuah bisnis yang sukses tidak terlepas dari sosok pemimpin yang berpengalaman, yang mampu meningkatkan penjualan ataupun mengantisipasi kegagalan.

Selamat mencoba!

Artikel terkait: 7 Strategi Untuk Memulai Bisnis oleh Coach Tom MC Ifle

Spread the love

Leave a Comment





Scroll To Top