Skip to content
Membangun kekayaan mental manusia demi kehidupan yang lebih bernilai

7 Tips Menjaga Romantisme Dalam Pernikahan

Kehidupan setelah menikah dan memiliki anak, tentunya kembali membuka lembaran baru yang membuat hari-hari Anda sebagai pasangan jauh lebih berwarna. Akan tetapi, pada umumnya kehidupan romantisme pernikahan Anda akan mengalami perubahan, terutama ketika anak masih sangat kecil. Kurangnya waktu tidur, kesibukan menyeimbangkan waktu untuk anak, pasangan dan karir menjadi tantangan yang cukup sulit, sehingga tidak menutup kemungkinan hubungan pernikahan justru menjadi terlantar dan bisa jadi hambar.

Pondasi hubungan pernikahan yang kuat akan membangun keluarga yang kuat, dan hal ini menjadi sangat penting jika Anda ingin memiliki kehidupan yang bahagia dan harmonis. Kehadiran anak bukan berarti secara otomatis Anda menggeser urutan hubungan romantisme dengan pasangan menjadi nomor kesekian.

Berikut ini 7 cara agar hubungan Anda dan pasangan tetap romantis:

1. Definisikan kembali arti romantis bagi Anda dan pasangan. Romantis adalah segala sesuatu yang membuat Anda dan pasangan merasa dicintai, dihargai, berarti, dan membawa Anda dan pasangan menjadi lebih dekat. Cari tahu apa arti romantis bagi Anda dan pasangan di tahap kehidupan pernikahan saat ini.

2. Bangun lebih pagi atau tidur lebih larut. Bangun setengah jam lebih pagi atau menyediakan waktu setelah anak terlelap untuk menghabiskan waktu bersama pasangan adalah salah satu cara terbaik untuk mencuri waktu ekstra yang berkualitas. Sarapan bersama, menonton tv bersama atau diam berpelukan di tempat tidur hingga terlelap adalah salah satu cara untuk menjaga romantisme.

3. Let go of extras. Mengurus anak-anak sudah pasti menyita banyak waktu dan tenaga Anda, oleh karena itu kurangi kesibukan yang sebenarnya bisa dialihkan atau dilakukan oleh orang lain. Misalnya: Anda tidak harus setiap hari mengikuti kelas senam, ada orang lain yang bisa mengisi booth bazaar minggu ini, dan lain sebagainya. Luangkan waktu untuk sengaja dihabiskan bersama pasangan Anda.

4. Be Intentional. Jadikan waktu bersama pasangan sebagai salah satu prioritas dan Anda akan menemukan banyak cara kreatif yang tidak Anda duga, hanya agar Anda memiliki waktu berkualitas bersama pasangan Anda.

5. Tetapkan batasan yang sehat. Sebagai orang tua, Anda harus menyadari bahwa memang anak-anak kini menjadi fokus hidup Anda, tapi bukan berarti hidup Anda hanya berputar di sekitar anak saja. Wajar jika sebagai orang tua pasti ingin memberikan yang terbaik, tapi itu juga berarti menetapkan batasan-batasan yang sehat dan membuat pasangan sebagai prioritas. Pernikahan tidak akan bisa tumbuh kuat dengan sendirinya. Anda harus tetap menjaga dan melindungi, dan salah satu caranya adalah dengan pandai membagi waktu dan prioritas.

6. Atur jadwal wajib dan regular untuk nge-date!  Jika Anda tidak punya orang lain yang bisa membantu mengawasi dan menjaga anak-anak, Anda tetap bisa melakukan date night di rumah. Anda bisa menonton film bersama, memesan food delivery, membaca buku bersama, dan masih banyak lagi. Jadilah kreatif dan buat pasangan Anda menjadi prioritas Anda.

7. Couple trip! Rencanakan perjalanan atau liburan singkat hanya untuk Anda dan pasangan. Anak-anak tidak akan menderita jika ada orang lain yang bisa dipercaya untuk menjaga dan mengawasi mereka untuk sementara waktu. Bisa jadi anak Anda akan menghabiskan waktu yang menyenangkan bersama kakek, nenek, atau om dan tantenya. Sementara Anda juga akan mengalami waktu untuk santai, menenangkan diri, dan menyenangkan bersama pasangan Anda. Hal ini tidak hanya akan membantu hubungan pernikahan Anda akan tetapi juga bisa membantu Anda menjadi orang tua yang lebih baik lagi.

Spread the love

Leave a Comment





Scroll To Top